Minggu, 06 Januari 2013

SILABUS KONSEP KEBIDANAN


SILABUS
Nama Institusi                                    : STIKes Rumah Sakit Haji Medan
Mata Kuliah                                       : Konsep Kebidanan
Kode Mata kuliah                              : Bd. 401
Beban Studi                                       : 4 SKS ( T:2, P:2 )
Semester                                             : I ( Satu )
Standar Kompetensi                          : Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa mampu menjelaskan tentang filosofi dan konseptual
                                                      kebidanan, paradigma asuhan kebidanan, metodologi asuhan kebidanan, model dan teori praktek, peran dan fungsi bidan, konsep profesi bidan sebagai tenaga professional, perkembangan profesi bidan dan pendidikan secara internasional, perkembangan karir dan sistem penghargaan bidan.

Pertemuan
Tujuan
Pokok bahasan/sub pokok bahasan
Metode
Waktu
Media
Evaluasi
Daftar pustaka
Pertemuan I
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian filosofi dan defenisi bidan
1.    Pengertian filosofi dan defenisi bidan
1.1  Defenisi bidan
1.2  Filosofi kebidanan
1.3  Pelayanan kebidanan
1.4  Praktik kebidanan
1.5  Asuhan kebidanan
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
Hari :
Tgl   :
T      : 2 x 60 menit 
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power point
Tanya jawab
BU 1,2,3,4,5
Pertemuan II
Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan profesi pelayanan dan pendidikan kebidanan secara nasional dan internasional
2.  Sejarah perkembangan pelayanan dan pendidikan kebidanan
2.1  Perkembangan di luar negeri
2.2  Perkembangan di dalam negeri

Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
Hari :
Tgl   :
T      : 2 x 60 menit 
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power point
Tanya jawab
BU 1,2,3,4,5
Pertemuan III, IV
Mahasiswa mampu menjelaskan paradigma asuhan kebidanan
3.      Paradigma asuhan kebidanan
Pengertian paradigma
3.1. komponen paradigma kebidanan
·         Manusia
·         Lingkungan
·         Kesehatan
·         Kebidanan
3.2.Macam – macam asuhan kebidanan
3.3.Manfaat paradigma dikaitkan dengan asuhan kebidanan
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
Hari :
Tgl   :
T      : 2 x 60 menit 
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power point
Tanya jawab
BU 1,2,3,4,5
Pertemuan V
Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebidanan sebagai profesi
4.     Kebidanan sebagai profesi
·         Profesi bidan
·         profesionalisme
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
Hari :
Tgl   :
T      : 2 x 60 menit 
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power point
Tanya jawab
BU 1,2,3,4,5
Pertemuan VI
Mahasiswa mampu menjelaskan peran fungsi bidan
5.1    Peran fungsi bidan
5.2 Praktek professional bidan
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
Hari :
Tgl   :
T      : 2 x 60 menit 
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power point
Tanya jawab
BU 1,2,3,4,5
Pertemuan VII
MID SEMESTER
Pertemuan VIII, IX
Mahasiswa mampu menjelaskan teori dan model konseptual asuhan kebidanan
6.     Teori dan model konseptual asuhan kebidanan
6.1 Dasar pemikiran, fokus dan tujuan dalam teori kebidanan
6.1.1        Reva Rubin
6.1.2        Ramona
6.1.3        Ela joy lehman
6.1.4        Ernestin
6.1.5        Jen ball
6.2Model konseptual asuhan kebidanan 
6.2.1     Midwifery Care
6.2.2     Paradigma sehat
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
Hari :
Tgl   :
T      : 2 x 60 menit 
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power point
Tanya jawab
BU 1,2,3,4,5
Pertemuan X, XI
Mahasiswa mampu menggunakan konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan
7.    Konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan
7.1Manajemen Kebidanan
7.1.1    konsep dan prisip manajemen pada umumnya
7.1.2      pengertian manajemen kebidanan
7.1.3      langkah- langkah manajemen kebidanan
7.2 Lingkup Praktek  kebidanan

7.2.1      Ruang lingkup  dan sasaran
7.2.2      Lahan praktik pelayanan kebidanan
7.3Pengorganisasian praktek   asuhan kebidanan
  7.3.1    Pelayanan   mandiri
  7.3.2    Kolaborasi
  7.3.3    Rujukan

Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
Hari :
Tgl   :
T      : 2 x 60 menit 
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power point
Tanya jawab
BU 1,2,3,4,5
Pertemuan XII
Mahasiswa mampu menjelaskan sistem penghargaan bagi bidan
8.    Sistem penghargaan bagi bidan
8.1  Reward
8.2  Sanksi
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
Hari :
Tgl   :
T      : 2 x 60 menit 
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power point
Tanya jawab
BU 1,2,3,4,5
Pertemuan XIII, XIV
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip pengembangan karir bidan
9.1 prinsip pengembangan karir
9.1.1       pendidikan lanjut
9.1.2        job fungsional
9.1.3        prinsip pengembangan karir bidan dikaitkan dengan peran, fungsi, dan tanggung jawab
9.2  Proses Berubah


9.2.1        Pengertian
9.2.2        Macam- macam perubahan
9.2.3        Ciri-ciri perubahan pemasaran sosial jasa asuhan kebidanan
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
Hari :
Tgl   :
T      : 2 x 60 menit 
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power point
Tanya jawab
BU 1,2,3,4,5

UJIAN SEMESTER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar