Minggu, 06 Januari 2013

SILABUS ASKEB NEONATUS


SILABUS BERBASIS KOMPETENSI
Jurusan                        : DIII Kebidanan
Mata kuliah                  : Asuhan neonatus, bayi dan anak balita
Kode mata kuliah        : Bd. 306
Jumlah SKS                 : 4 SKS (T:2 P:2)
Penempatan                 : Semester III
Standar kompetensi     : Mahasiswa Mampu Melaksanakan Asuhan Pada Neonatus, Bayi dan Anak Balita
NO
Kompetensi Dasar
Indikator Kompetensi
Materi Pokok
Sub Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu

Pengujian Tambahan
Sumber
T
P
K
Jenis Tagihan
Bentuk Tagihan
Contoh Tagihan

1

Mahasiswa mampu menjelaskan lingkup asuhan neonatus, bayi dan balita.

1.      Mahasiswa mampu menjelaskan asuhan pada Bayi baru lahir normal
2.      Mahasiswa mampu menjelaskan asuhan pada Bayi baru lahir bermasalah
3.      Mahasiswa mampu menjelaskan Kelainan-kelainan pada bayi baru lahir
4.     Mahasiswa mampu menjelaskan Trauma pada bayi baru lahir
5.     Mahasiswa mampu menjelaskan asuhan pada Neonatus beresiko tinggi
6.     Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Kegawatdaruratan pada neonatus.
7.     Mahasiswa mampu memberikan asuhan pada neonatus, bayi dan anak balita dengan penyakit yang lazim terjadi

Lingkup asuhan pada neonatus, bayi dan balita.

1.       Asuhan pada bayi baru lahir normal
2.       Asuhan pada bayi baru lahir bermasalah
3.       Kelainan-kelainan pada bayi baru lahir
4.       Trauma pada bayi baru lahir
5.       Asuhan pada neonatus beresiko tinggi
6.       Kegawat daruratan pada neonatus
7.       Asuhan pada neonatus, bayi dan anak balita dengan penyakit yang lazim terjadi

Menyimak penjelasan dosen dan menanyakan hal yang masih meragukan kepada dosen tentang lingkup asuhan pada neonatus, bayi dan balita.

3



Makalah

Seminar

Diskusi
Tanya jawab
Asuhan Persalinan Normal (Depkes RI)
Keluarga, Pedoman Teknis Pelayanan Kesehatan Dasar -Pelayanan Kesehatan Neonatal Esensial (Depkes RI)
Penatalaksanaan Neonatus Resiko Tinggi (Klaus & Fanaroff)
Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan neonatal (Saifuddin,AB et all)


2

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep yang mendasari asuhan neonatus, bayi dan anak balita

1.     Mahasiswa mampu menjelaskan adaptasi bayi baru lahir terhadap kehidupan di luar uterus
2.     Mahasiswa mampu menjelaskan tentang pencegahan infeksi.
3.     Mahasiswa mampu menjelaskan tentang rawat gabung.

Konsep asuhan neonatus, bayi dan anak balita

1.      Adaptasi bayi baru lahir terhadap kehidupan di luar uterus
2.      Pencegahan infeksi
3.      Rawat gabung


Menyimak penjelasan dosen dan menanyakan hal yang masih meragukan kepada dosen tentang konsep yang mendasari  asuhan pada neonatus, bayi dan balita.

4



Makalah

Seminar

Diskusi
Tanya jawab

Idem

3

Mahasiswa mampu memberikan asuhan pada bayi usia 2-6 hari

1.      Mahasiswa mampu menjelaskan tentang pengumpulan data, meliputi:
·  Pengkajian fisik bayi baru lahir
·  Penampilan dan perilaku bayi baru lahir
2.     Mahasiswa mampu membuat rencana asuhan pada bayi 2-6 hari, meliputi:
·  Rencana asuhan 2-6 hari, berupa:
-   Minum
-   BAB
-   BAK
-   Tidur
-   Kebersihan kulit
-   Keamanan
-   Tanda-tanda bahaya
-   Penyuluhan sebelum bayi pulang.


Asuhan pada bayi usia 2-6 hari

1.      Pengumpulan data pada bayi baru lahir:
·  Pengkajian fisik pada bayi baru lahir
·  Penampilan dan perilaku bayi baru lahir
2. Rencana asuhan                      pada bayi usia 2-6 hari  meliputi:
·  Minum
·  BAB
·  BAK
·  Tidur
·  Kebersihan kulit
·  Keamanan
·  Tanda-tanda bahaya
·  Penyuluhan sebelum bayi pulang

Menyimak penjelasan dosen dan bertanya  hal yang masih meragukan kepada dosen seputar asuhan pada bayi usia 2-6 hari

2







2

6







6


Tes

Essay

1.      Jelaskan cara pengumpulan data pada bayi baru lahir?

2.      Apakah asuhan yang direncanakan pada bayi usia 2-6 hari?


Idem

4

Mahasiswa mampu mempraktekkan asuhan primer pada bayi sampai usia 6 minggu

1.     Mahasiswa mampu menjelaskan peran bidan pada bayi sehat
2.     Mahasiswa mampu menjelaskan tentang bounding attachment
3.     Mahasiswa mampu merencanakan asuhan pada bayi hingga usia 6 minggu

Asuhan primer pada bayi 6 minggu pertama

1.      Peran bidan pada bayi sehat
2.      Bounding attachment
3.      Rencana asuhan

Menyimak penjelasan dosen dan bertanya  hal yang masih meragukan kepada dosen seputar asuhan primer pada bayi 6 minggu pertama






2

6


Makalah

Seminar

Diskusi
Tanya jawab

Idem

5

Mahasiswa mampu mempraktekkan pemantauan tumbuh kembang neonatus, bayi dan anak balita

1.     Mahasiswa mampu melakukan pemantauan tumbuh kembang neonatus bayi dan anak balita, dilihat dari pertumbuhan BB dan TB
2.     Mahasiswa mampu melakukan pemantauan tumbuh kembang neonatus, bayi dan anak balita dengan menggunakan denver development stress test (DDST)

Pemantauan tumbuh kembang neonatus, bayi dan anak balita

1.      Pemantauan tumbuh kembang neonatus, bayi dan anak balita dilihat dari pertumbuhan BB dan TB
2.      Pemantauan tumbuh kembang neonatus, bayi dan anak balita dengan menggunakan denver development stress test (DDST)

Menyimak penjelasan dosen dan  menanyakan hal yang masih meragukan kepada dosen seputar Pemantauan tumbuh kembang neonatus, bayi dan anak balita.

4

8


Performance

Role playing

Mahasiswa di bentuk kelompok dan masing-masing kelompok diberi satu kasus dan memainkan kasus tersebut dalam bentuk bermain peran

Idem

6

Mahasiswa mampu mempratekkan asuhan pada neonatus dan bayi baru lahir dengan masalah yang lazim terjadi

Mahasiswa mampu mempraktekkan asuhan pada neonatus dan bayi dengan masalah dan penatalaksanaannya meliputi:
·       Bercak mongol
·       Hemangioma
·       Ikterik
·       Muntah dan gumoh
·       Oral trush
·       Diaper rush
·       Seborhea
·       Bisulan
·       Milliarisis


Asuhan pada neonatus dan bayi baru lahir dengan masalah serta penatalaksanaannya

Asuhan pada neonatus dan bayi dengan masalah dan penatalaksanaannya pada:
·  Bercak mongol
·  Hemangioma
·  Ikterik
·  Muntah dan gumoh
·  Oral trush
·  Diaper rush
·  Seborhea
·  Bisulan
·  Milliarisis


Menyimak penjelasan serta demonstrasi dosen dan bertanya  hal yang masih meragukan kepada dosen seputar asuhan pada neonatus dan bayi baru lahir dengan masalah yang lazim terjadi

3

6


Performance

Redemonstrasi

Mahasiswa di bentuk kelompok dan masing-masing kelompok bermain peran/role play

Idem

                                                                                                                              UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)

8

Mahasiswa mampu mempratekkan asuhan pada neonatus dan bayi baru lahir dengan masalah yang lazim terjadi

Mahasiswa mampu mempraktekkan asuhan pada neonatus dengan jejas persalinan dan peatalaksanaannya meliputi:
·       Caput suksedaneum
·       Cephalhematoma
·       Trauma pada fleksus brachialis
·       Fraktur klavikula dan fraktur humerus

Asuhan pada neonatus dan bayi baru lahir dengan jejas persalinan

Asuhan pada neonatus dan bayi baru lahir dengan jejas persalinan, meliputi:
·  Caput suksedaneum
·  Cephalhematoma
·  Trauma pada fleksus brachialis
·  Fraktur klavikula dan fraktur humerus

Menyimak penjelasan dosen dan bertanya  hal yang masih meragukan kepada dosen seputar asuhan pada neonatus dan bayi baru lahir dengan jejas persalinan

2

6


Tes

Essay

1.     Apakah yang dimaksud dengan caput suksedanum dan cephal hematoma bagaimana penatalaksanaan kelainan tersebut?
2.     Apakah yang dimaksud dengan trauma pada fleksus brakhialis dan fraktur klavikula dan fraktur humerus dan bagaimana penatalaksanaan kelainan tersebut?

Idem

9


Mahasiswa mampu mempraktekkan asuhan pada neonatus dengan kelainan bawaan dan penatalaksanaannya, meliputi:
·       Labioskizis dan labiopalatoskizis
·       Atresia esophagus
·       Atresia rekti dan anus
·       Hirschprung
·       Obstruksi billiaris
·       Omfalokel
·       Hernia diaframatika


Asuhan pada neonatus dengan kelainan bawaan

Asuhan pada neonatus dengan kelainan bawaan dan penatalaksanaannya meliputi:
·  Labioskizis dan labiopalatoskizis
·  Atresia esophagus
·  Atresia rekti dan anus
·  Hirschprung
·  Obstruksi billiaris
·  Omfalokel
·  Hernia diafragmatika


Menyimak penjelasan dosen dan bertanya  hal yang masih meragukan kepada dosen seputar asuhan pada neonatus dengan kelainan bawaan dan penatalaksanaannya

1

3


Makalah

Seminar

Diskusi
Tanya jawab

Idem

10


Mahasiswa mampu mempraktekkan asuhan pada neonatus dengan kelainan bawaan dan penataaksanaannya, meliputi:
·       Atresia duodeni, oesophagus
·       Meningokel, ensefalokel
·       Hidrosefalus
·       Fimosis
·       Hipospadia
·       Kelainan metabolik dan endokrin


Asuhan pada neonatus dengan kelainan bawaan

Asuhan pada neonatus dengan kelainan bawaan dan penatalaksanaannya meliputi:
·  Atresia duodeni, oesophagus
·  Meningokel, ensefalokel
·  Hidrosefalus
·  Fimosis
·  Hipospadia
·  Kelainan metabolik dan endokrin

Menyimak penjelasan dosen dan bertanya  hal yang masih meragukan kepada dosen seputar asuhan pada neonatus dengan kelainan bawaan dan penatalaksanaannya

1

3


Makalah

Seminar

Diskusi
Tanya jawab

Idem

11


Mahasiswa mampu mempraktekkan asuhan pada neonatus dengan resiko tinggi dan penatalaksanaannya, meliputi:
·       BBLR
·       Asfiksia neonatorum
·       Sindrom gangguan pernafasan
·       Ikterus
·       Perdarahan tali pusat
·       Kejang

Asuhan pada neonatus dengan resiko tinggi dan penatalaksanaannya

Asuhan pada neonatus dengan resiko tinggi dan penatalaksanaannya, meliputi:
·  BBLR
·  Asfiksia neonatorum
·  Sindrom gangguan pernafasan
·  Ikterus
·  Perdarahan tali pusat
·  Kejang

Menyimak penjelasan serta demonstrasi dosen dan bertanya  hal yang masih meragukan kepada dosen seputar asuhan pada neonatus dengan resiko tinggi dan penatalaksanaannya

1

4


Performance

Redemonstrasi

Mahasiswa di bentuk kelompok dan masing-masing kelompok bermain peran/role play

Idem

12


Mahasiswa mampu mempraktekkan asuhan pada neonatus dengan resiko tinggi dan penatalaksanaannya, meliputi:
·       Hypotermi
·       Hypertermi
·       Hipoglikemi
·       Tetanus neonatorum
·       Penyakit yang diderita ibu selama kehamilan

Asuhan pada neonatus dengan resiko tinggi dan penatalaksanaannya

Asuhan pada neonatus dengan resiko tinggi dan penatalaksanaannya, meliputi:
·  Hypotermi
·  Hypertermi
·  Hipoglikemi
·  Tetanus neonatorum
·  Penyakit yang diderita ibu selama kehamilan

Menyimak penjelasan serta demonstrasi dosen dan bertanya  hal yang masih meragukan kepada dosen seputar asuhan pada neonatus dengan resiko tinggi dan penatalaksanaannya

1

4


perforance

Redemonstrasi

Mahasiswa di bentuk kelompok dan masing-masing kelompok bermain peran/role play

Idem

13

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang imunisasi pada neonatus, bayi dan anak balita

1.     Mahasiswa mampu menjelaskan tentang imunisasi dasar
2.     Mahasiswa mampu menjelaskan tentang imunsasi ulang

Imunisasi pada neonatus, bayi dan balita

1.     Imunisasi dasar
2.     Imunisasi ulang

Menyimak penjelasan dosen dan menanyakan  hal yang masih meragukan kepada dosen seputar imunisasi pada neonatus, bayi dan balita

1

3


Makalah

Seminar

Diskusi
Tanya jawab

Idem

14

Mahasiswa mampu melaksanakan penatalaksanaan rujukan

1.     Mahasiswa mampu menjelaskan tentang jenis rujukan
2.     Mahasiswa mampu menjelaskan tentang tingkat rujukan
3.     Mahasiswa mampu menjelaskan tentang mekanisme/alur rujukan

Sistem dan penatalaksanaan rujukan

1.     Jenis rujukan
2.     Tingkat rujukan
3.     Mekanisme/alur rujukan

Menyimak penjelasan dosen dan bertanya tentang  hal yang masih meragukan kepada dosen seputar penatalaksanaan rujukan

1

4


Makalah

Seminar

Diskusi
Tanya jawab

Idem

15

Mahasiswa mampu mendokumentasikan hasil asuhan pada neonatus bayi dan anak balita

Mahasiswa mampu melakukan pendokumentasian dengan metode SOAP

Dokumentasi asuhan pada neonatus, bayi dan anak balita

Dokumentasi dengan metode SOAP

Menyimak penjelasan dosen dan bertanya  hal yang masih meragukan kepada dosen seputar pendokumentasian hasil asuhan pada neonatus, bayi dan anak balita

1

2


Test berbentuk kassus

Seminar





Diskusi
Tanya jawab

Idem
16
                                                                                                                                                            UJIAN AKHIR SEMESTER(UAS)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar